Bos perusahaan AS pecat 900 karyawannya melalui Zoom, 'terakhir kali saya melaksanakan ini saya menangis'

 Bos perusahaan AS pecat 900 karyawannya melalui Zoom, 'terakhir kali saya melaksanakan ini saya menangis'

Bos berasal dari perusahaan hipotek Better.com, yang berbasis di Amerika Serikat, dikritik karena memecat 900 stafnya melalui panggilan Zoom.


"Apabila Anda terima panggilan ini, Anda adalah bagian berasal dari kelompok tidak untungkan yang diberhentikan," kata Vishal Garg, CEO Better.com melalui panggilan Zoom yang kemudian tersebar di fasilitas sosial.


Pengguna fasilitas sosial kemudian menilai pemecatan berikut sebagai cara yang "kejam" dan "mengerikan", lebih-lebih dijalankan menjelang perayaan Natal.


"Terakhir kali saya melaksanakan ini [memecat karyawan], saya menangis, " kata Garg kepada stafnya.


"Saya berharap situasinya berbeda. Saya berharap kami mampu berkembang," lanjutnya, bersama dengan suara yang tertib sambil lihat catatan di mejanya.


Baca juga: Berita Dalam Negeri


Hari Buruh suram di sedang gelombang PHK karena pandemi

Sebanyak 1,2 juta karyawan mengalami PHK dan dirumahkan di sedang pandemi, Kartu Prakerja dianggap tak efektif

Apakah orang-orang di bagian personalia terlalu membela keperluan pegawai?

Garg beralasan pemecatan 15% karyawan Better.com itu didasari oleh kinerja dan produktivitas para staf, dan juga situasi pasar yang konsisten berubah.


Namun, Garg tidak menyinggung suntikan dana sebesar US$750 juta (Rp10,7 triliun) yang di terima Better.com berasal dari pemodal utamanya, Softbank, pada pekan lalu.


Better.com didirikan oleh Garg pada 2015 dan menjadi perusahaan yang tawarkan pemakaian teknologi agar proses pembelian tempat tinggal menjadi "lebih cepat dan lebih efisien".


Perusahaan ini mengonfirmasi bahwa mereka berencana masuk ke bursa saham pada awal tahun. Hal itu sebabkan perusahaan akan berharga sekitar hingga US$7,7 miliar (Rp110,5 triliun).


Kepala Bagian Keuangan Better.com, Kevin Ryan, menyatakan kepada BBC bahwa "keharusan melaksanakan PHK pada masa-masa ini terlalu memilukan".


Menurut Ryan, perusahaan kudu "menjaga keseimbangan neraca dan mengurangi tenaga kerja agar lebih efisien" dibutuhkan untuk hadapi "pasar properti yang berkembang secara radikal".


line

Seperti apa bunyi pesan pemecatan itu?

"Hai semua, terima kasih sudah bergabung. Saya menghubungi kalian untuk memberikan berita yang tidak baik. Pasar sudah berubah, seperti yang kalian tahu, dan perusahaan kudu mengikuti perkembangannya agar mampu bertahan dan konsisten berkembang mencapai misi."


"Ini bukan lah berita yang mendambakan kalian dengar, tetapi ini adalah keputusan yang saya buat, dan saya mendambakan kalian mendengarnya segera berasal dari saya. Ini adalah keputusan yang sangat, terlalu menantang. Ini kali ke-2 saya melakukannya di dalam karir saya, dan saya sebetulnya tidak mendambakan melaksanakan ini. Terakhir kali saya melakukannya, saya menangis. Kali ini saya berharap mampu lebih kuat. Perusahaan memecat sekitar 15% staf karena lebih dari satu alasan: pasar, efisiensi, kinerja, dan produktivitas.


"Apabila Anda terima panggilan ini, Anda adalah bagian berasal dari kelompok tidak untungkan yang dipecat. Kontrak kerja Anda dihentikan, ini berlaku bersama dengan segera."


line

'Pentingnya empati'

Kepala eksekutif Chartered Management Institute Inggris, Ann Francke mengkritik cara Garg memecat karyawannya.


"Manajer yang buruk akan memecat orang bersama dengan cara yang buruk, entah itu secara virtual maupun secara langsung," kata Francke kepada BBC Today. "Tetapi cara yang buruk itu mendapat sorotan karena dijalankan secara virtual bersama dengan cara yang tidak berperasaan.


"Pada sementara pandemi ini, kami kudu mengerti bahwa empati itu penting."


Menurut Franke, cara Garg memecat stafnya akan berdampak pada jaman depan Better.com.


"Mereka bergerak di lini usaha yang berhadapan bersama dengan pelanggan. Saya percaya banyak pelanggan atau calon pelanggan berpikir, 'kalau mereka memperlakukan karyawan mereka seperti ini, bagaimana mereka memperlakukan pelanggan?'."


'Saya sudah gagal'

Setelah pemecatan tersebut, majalah Fortune menyatakan bahwa Garg sebelumnya menulis di sebuah blog secara anonim dan menuduh staf yang dipecat tidak produktif dan cuma bekerja selama dua jam sehari.


Baca juga:


Hari Buruh suram di sedang gelombang PHK karena pandemi

Sebanyak 1,2 juta karyawan mengalami PHK dan dirumahkan di sedang pandemi, Kartu Prakerja dianggap tak efektif

Apakah orang-orang di bagian personalia terlalu membela keperluan pegawai?

Pada th. lalu, gaya kepemimpinan Garg termasuk dulu dikritik sehabis e-mail yang dia kirim kepada stafnya bocor kepada Forbes.


Melalui e-mail itu, Garg menulis: "Kalian TERLALU LAMBAT. Kalian adalah sekumpulan lumba-lumba bodoh. BERHENTI. HENTIKAN SEKARANG. KALIAN MEMPERMALUKAN SAYA."


Business Insider melaporkan Garg menggelar rapat bersama dengan karyawannya yang tersisa usai pemecatan massal itu.


Dia mengaku "telah mempekerjakan orang yang salah". Better.com sebelumnya merekrut karyawan di dalam kuantitas besar selama pandemi.


"Saya sudah gagal. Saya tidak disiplin selama 18 bulan terakhir," kata Garg.


line

Bagaimana cara yang pantas memecat karyawan?

"Perusahaan kadangkala kudu melaksanakan PHK. Ini adalah situasi yang sulit," kata penasihat kebijakan senior untuk relasi karyawan di Cahrtered Institute of Personnel plus Development, Rachel Suff.


"Tetapi cara perusahaan melakukannya dan pendekatan yang manusiawi akan merubah bagaimana orang merespons kabar mengejutkan itu."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengoptimalkan Efisiensi Bahan Bakar Truk: 6 Tips Bagi Pengemudi

Tips Memilih Jasa Sablon Yang Tepat

Cara Bermain Forex untuk Pemula dengan Modal Kecil